Selasa, 03 Januari 2012

Sepat asin pedas...

sepat asin pedas
ikan asin memang tidak pernah membosankan..... selain ikan teri, gabus, jambal roti masih banyak jenis ikan asin lain yang bisa di jadikan menu makan sebagai lauk yang sanggat menggugah selera.. termasuk yang satu ini ikan sepat...
kenapa ikan sepat.. karena aku memang suka dengan jenis ikan ini. (si ndut engjel juga sangaattt suka dengan ikan sepat ini apalgi kalau dimasak pedas seperti ini...  selain suka rasanya, juga ikan asin sepat ini tidak amis..)
biasanya ikan sepat ini hanya di goreng kering setelah di cuci bersih, selain untuk mengurangi rasa asin yang memang menjadi ciri khas ikan asin, kali ini aku bikin dengan tumisan bumbu pedass...di sajikan dengan nasi putih yang masih hangat kepul-kepul sanggattt nikmat.. bisa -bisa sepiring nasi tidak mencukupi.. inginnya nambah dan nambah lagi...hehehe...dan kadang orang (mertua) yang lewat juga ga nampak saking asyikknya menikmati sepat asin pedas ini...(hehe lha iya gimana mau kelihatan wong lewatnya di tugu hahaha)
kalau penasaran pengen coba ini aku sharre resepnya... :-)

Sepat Asin Pedas
ala dapursativacke
by. yoeni soedirman

Bahan :

3 ekor ikan sepat asin ukuran besar (buang kepala dan cuci bersih kalau perlu gunting sirip pinggir-pinggirnya dan ekornya :-) seperti yang biasa aku lakukan, tiriskan)
(cari ikan sepat yang ukuran besar biar lebih berasa daging ikanya, kalau yg ukuran tanggung dagingnya cuman dikit ga terasa, banyak durinya doang :-))

bumbu:

2 siung bawang putih (kalau kecil-kecil pakai 3 siung)(dikeprek/ diiris halus)
4-5 siung bawang merah(iris halus)
4-5 biji cabe merah besar (iris-iris)
10-15 biji cabe rawit potong-potong(bisa di tambah lagi kalau ingin lebih pedas)
3 buah tomat sayur iris tipis (yang rasanya asam)
2 cm jahe iris halus model batang korek api
2 cm lengkuas di keprek
2 lbr daun salam
garam secukupnya
penyedap rasa (optional)
1/4 sdt gula pasir
2sdm minyak goreng untuk menumis

cara membuat:

1. goreng ikan sepat yang telah di cuci dan di tiriskan hingga kering. angkat sisihkan.
2. panaskan minyak goreng, tumis bawang putih, bawang merah hingga harum.. masukkan cabe merah dan cabe rawit, jahe, lengkuas, daun salam.. aduk-aduk sebentar beri garam, gula pasir, penyedap rasa. test cicipi sesuaikan rasanya (penambahan garam jangan banyak-banyak ya karena ikannya sudah asin). masukkan tomat dan ikan sepat goreng. aduk sebentar hingga rata.. angkat...tuang di piring saji.
ikan sepat asin pedas siap di nikmati dengan sepiring nasi hangat kepul-kepul...

selamat mecoba ya... dan siapkan nasi putih hangat yang banyakkk... :-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda...