Selasa, 21 Desember 2010

rendang...daging

akhirnya berhasil juga bikin rendang yang endang.. bambang gulindang... begitu kata pak bondan...
setelah beberapa kali mencoba dan gagal alias belum menemukan rasa yang pas menurut aku... akhirnya.... terbalas sudah rasa cape dan penasaranku akan masakan daging yang satu ini....

rendang daging sapi

kesabaran membuahkan hasil... asyiiikk...asyiiikkk... nikmat...nikmat...
dengan sepiring nasi hangat.... hemmm ludes masuk perut...
kali ini aku mencoba resep dari uni dewi...(nuhun uni...) semoga kebaikan uni mendapatkan kebaikan dari Allah SWT... amin3x...
kalo ada yang berminat mencoba, ini aku copy-kan resepnya. cuma versi aku ada beberapa yang aku ganti krn bahan ga ada. biarpun ada beberapa yang di ganti, untuk rasa jangan salah... tetep nyuusss....

Rendang Daging
sumber Dewi anwar

Bahan:
- 1 kg daging gandik tanpa lemak, potong menjadi 25-28 bagian cuci bersih tiriskan
- 3 butir kelapa tua parut, buat santan kental (2-3 kali perasan dengan air hangat kuku , sedikit2)

rendang daging sapi
Bumbu, haluskan :
20 butir bawang merah
10 butir bawang putih
Seibu jari (6 cm) jahe
1 ons cabe merah giling (aku pake 110 gr)sekitar 8-9 biji
1 sdt merica

Bumbu lainya:
Seibu jari lengkuas, geprak
3 batang sereh, geprak bagian putihnya
3 buah bunga pekak
5 lbr daun jeruk
3 lbr daun salam
2 lbr daun kunyit sobek-sobek(aku pake 3 lbr kecil2 dan agak kering)

Bumbu pelengkap:
1 sdm kelapa serudeng giling (kelapa parut di gongseng sampai coklat, giling halus sampai keluar minyaknya).
1 sdm hati sapi rebus, giling halus (aku pake 2 pcs hati ayam rebus, di giling halus)
1 sdm air asam
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Cara Membuat :
1. Ungkep daging dengan bumbu halus, biarkan air daging keluar. Ungkep sampai air kering.
2. Tuang Santan, masukan semua bumbu kecuali bumbu pelengkap, aduk rata.
3. Aduk Santan dengan gerakan menimba menimba dengan sendok hingga santan mendidih, jaga jangan samapi santan pecah.
4. Kecilkan api, masak sampai mengeluarkan minyak, tambahkan bumbu pelengkap.
5. Masak terus sambil sekali-kali diaduk2 agar tidak lengket, sampai berdedak dan berwarna colkat.

sajikan dengan nasi putih hangat kepul-kepul di jamin nambah lagi... nambah lagi... hehe.. selamat mencoba ya......




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Tinggalkan Komentar Anda...